Friday , 19 August 2022
Kompetensi LSE
Kompetensi LSE

Secara lebih jauh, LSE-03-Kompetensi-LSEkompetensi LSE tersebut dijelaskan secara elaboratif sebagai berikut:

  1. Kecakapan Komunikasi (Communication Skills)
  2. Mampu menerima serta mengartikulasikan gagasan dan pemikiran secara efektif baik secara lisan maupun tulisan.
  3. Kepekaan Budaya (Cultural Sensitivity)
  4. Mampu memahami dan mengapresiasi budaya sendiri dan budaya orang lain, termasuk di dalamnya agama dan kepercayaan, menghayati nilai humanisme dan multikulturalisme dalam membuat keputusan dalam konteks lintas budaya serta terampil dalam bekerjasama dalam kelompok yang beragam.
  5. Penalaran dan Penyelesaian Masalah (Reasoning and Problem Solving)
  6. Mampu memformulasikan masalah, mengumpulkan gagasan yang relevan, melakukan analisis, sintesis dan evaluasi atas informasi serta mengaplikasikan gagasan dalam membuat keputusan dan menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan inovasi dan kreativitas demi kesejahteraan masyarakat.
  7. Integrasi Pembelajaran (Learning Integration)
  8. Mampu mengintegrasikan gagasan yang datang dari berbagai konteks dan sudut pandang yang berbeda serta tanggap akan perubahan.
  9. Pembelajaran Seumur Hidup (Lifelong learning)
  10. Mampu berpikir terbuka, berpikir kritis, mengambil inisiatif, mengajukan pertanyaan dan mempertimbangkan gagasan baru demi pengembangan intelektual secara mandiri.
  11. Moral dan Tanggung Jawab Sosial (Moral and Social Responsibilities)
  12. Mampu menginternalisasikan nilai dan norma akademik, membuat penilaian etik, memperlakukan sesama dengan setara dan adil, bertanggung jawab dalam mengambil resiko yang diperhitungkan, mengembangkan toleransi serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.